Steve Job Luncurkan Nano Versi Baru

Kamis, 11 September 2008 pukul 11:19:00

Generated image

–> Steve Job Luncurkan Nano Versi Baru Apple akhirnya membuka rahasia tampang terbaru produk populer pemutar musik iPod Nano yang akan meramaikan musim belanja Natal nanti. Steve Jobs, chief eksekutif Apple langsung mendapat sambutan begitu ia memperlihatkan nano baru, yang didesain dengan kapasitas memori 8G dan 16G.

Versi baru ini lebih tipis dan tahan lama dari pendahulunya, serta memiliki layar kaca semi lengkung, yang menurut Apple, ideal untuk melihat video klip. Versi terbaru ini akan diberi fitur sebuah mesin rekomendasi musik bernama Genius. Tipe berkapasitas 8GB akan dibandrol sekitar US$ 192 atau sekitar Rp 1,8 juta sedangkan tipe 16GB dilepas dengan harga US$ 263 atau sekitar Rp 2,5 juta.

Selain Genius, versi baru ini juga dilengkapi teknologi “accelerometer” sensitif gerak yang ditemukan pada iPhone, yaitu teknologi yang membuat piranti mampu mengenali apakah dipegang horisontal atau vertikal. Pengguna dapat memutar nano sekali untuk melihat daftar lagu, lalu membalikkan ke sisi sebelumnya untuk mengurutkan sampul album yang tertera

Bukan cuma itu, nano baru akan dilengkapi fitur “Shake to Shuffle” yang memungkinkan pengguna untuk lompat ke lagu lain dengan acak dengan menggoyangkan piranti. Selain versi nano, Apple juga meluncurkan iPod sentuh generasi kedua. Kali ini, perusahaan teknologi itu memotong harga layar sentuh pada iPod agar harga versi baru tidak terlalu jauh dengan iPhone yang telah populer.

Untuk iPod layar sentuh tipe 8GB dipatok pada angka US$ 298, sementara 16 GB dibandrol dengan harga US$ 385 dan terakhir tipe 32GB dilepas dengan harga US$ 508. Semua piranti nano baru tersebut akan berada di pasaran dalam beberapa hari kedepan. Steve, juga mengumumkan jika ada perombakan besar dalam software iTune Apple. Seperti Genius tadi, teknologi tersebut akan memindai inventaris lagu sang pemilik iTunes dan menyarankan lagu serta artis yang mungkin mereka suka berdasar selera musik.

“Kami pikir, anda akan sungguh menyukai fitur Genius,” ujar Steve seperti yang dilansir oleh Telegraph.co.uk. “Anda dapat membuat playlist secara otomatis dari lagu di dalam library, dan itu merupakan kombinasi bagus,” paparnya seraya menambahkan jika Genius akan membantu pemilik “menemukan kembali” musik dalam iPod mereka. Khusus Pemilik iPod sentuh saat menciptakan playlist Genius untuk diputar hanya butuh menekan satu tombol tanpa harus terkoneksi dengan computer atau internet.

Saat peluncuran, Steve yang sempat ditanya soal kesehatannya justru tertawa. Pada kemunculan di publik terakhir Juli lalu, ia terlihat kurus dan lemah memunculkan kekhawatirkan jika kanker pankreas yang berhasil ia lawan empat tahun lalu kembali muncul. “Laporan tentang kematian saya sepertinya terlalu dibesarkan,” ujarnya merujuk pada kesalahan berita yang dimuat Bloomberg minggu lalu, dimana situs online itu menulis obituari Steve.

Lebih dari 160 juta iPod telah terjual di dunia sejak 2004 dan angka penjualan tersebut meraup 75 % dari total pasar pemutar MP3 seluruh dunia. Steve juga mengungkapkan, sejak peluncuran Toko Aplikasi iPhone dan iPod, yang memungkinkan pengguna mendownload software dan permainan terbaru, lebih dari 100 juta kopi aplikasi telah terjual

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s